Teknologi yang Berperan dalam Digital Marketing – Digital marketing menurut Rob Thompson dan Trendjackers ialah penggunaan teknologi digital serta perangkat yang didukung oleh koneksi internet slot bet 100 untuk mencapai target pemasaran. Jadi, definisi digital marketing dapat disimpulkan sebagai kegiatan pemasaran yang kemudian melibatkan penggunaan jaringan serta teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Kini, berbagai perusahaan mulai menerapkan sistem berbasis internet dalam menjangkau pelanggan secara lebih luas. Hal ini bukan tanpa alasan karena sudah banyak orang yang berbelanja menggunakan internet atau belanja online. Bahkan, pengguna Internet yang mencapai 59,5% di seluruh dunia juga turut memicu pertumbuhan platform e-commerce serta transaksi online lainnya. Oleh sebab itu, jika kamu ingin mengembangan bisnis secara digital, maka ada baiknya untuk memahami tentang digital marketing. Setelah membahas pengertian digital marketing, maka pembahasan selanjutnya adalah jenis-jenis digital marketing.
Digital marketing itu bukan hanya sekadar berjualan media sosial atau website saja, tetapi ada beragam jenis digital marketing. Lalu, di setiap jenis itu, memiliki strateginya masing-masing. Oleh sebab itu, sebelum menentukan strategi digital marketing, maka perlu mengetahui jenis-jenis digital marketing terlebih dahulu. Berikut ini beberapa jenis digital marketing yang perlu kamu ketahui.
Content Marketing
Seperti namanya, content marketing merupakan strategi rajamahjong88 pemasaran yang melibatkan berbagai jenis konten, baik dengan cara membuat, mengelola, maupun memposting konten. Dengan konten marketing, maka sama halnya kamu sedang “membujuk” pengguna dalam membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Salah satu cara untuk membuat content marketing adalah dengan memiliki website sendiri. Selain itu, kamu juga harus memilih domain website dan web hosting yang tepat. Hal ini perlu dilakukan agar content marketing yang akan dijalankan tidak mengalami kendala dan dapat berfungsi dengan baik.Untuk membuat website mudah dicari oleh banyak orang, maka website kamu perlu untuk SEO-friendly. Dengan begitu, konten di situs website bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, sehingga bisnismu menjadi lebih dikenal secara luas.
Email Marketing
Email marketing merupakan strategi digital marketing yang kemudian dilakukan dengan mengirimkan email kepada pelanggan (subscriber). Poin utama cara ini sendiri bukanlah sekadar mengirimkan email, tetapi bagaimana caranya agar bisa menarik pelanggan. Oleh sebab itu, dalam membuat email marketing, maka harus dibuat semenarik mungkin agar pelanggan mau membacanya, bahkan meng klik promosi dalam email Ada beberapa tool email marketing yang dapat kamu gunakan untuk membuat email promosi menjadi lebih menarik, sehingga kamu bisa menentukan tool yang tepat.
Social Media Marketing
Social media marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang dilakukan melalui media sosial, baik dengan cara mengoptimasi konten atau dengan cara “menitip” iklan di jejaring sosial. Kamu juga dapat menggunakan media promosi bisnis di TikTok, Facebook, Twitter, ataupun YouTube. Hampir semua platform media sosial kemudian kini menyediakan layanan dalam mempromosikan bisnis. Media sosial yang efektif untuk dijadikan sebagai digital marketing diantaranya adalah Facebook Ads. Sebenarnya, cara yang digunakan ialah platform-platform ini kurang lebih sama seperti SEM. Mereka juga menyediakan marketplace yang kemudian menjadi wadah bagi kamu untuk mempromosikan bisnis, dan dapat memilih cara organik atau berbayar.
Influencer/Affiliate Marketing
Jenis digital marketing ini sendiri melibatkan pihak lain, yaitu diantaranya influencer atau mitra afiliasi dalam membantumu memasarkan produk. Influencer marketing juga dilakukan dengan cara membayar jasa influencer di internet, kemudian influencer tersebut juga akan memasarkan produk kepada pengikutnya di jejaring sosialnya. Sementara itu, affiliate marketing sendiri melibatkan mitra, dan kamu harus membayarkan komisi kepada mitra tersebut jika mereka berhasil menjual produk. Contohnya, Hostinger memiliki program afiliasi dalam memasarkan produk secara lebih luas. Program Afiliasi Hostinger sebagai strategi digital marketing.
Search Engine Marketing (SEM)
Jenis digital marketing yang satu princess 1000 ini melibatkan penggunaan mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, atau Facebook. SEM sendiri dibagi menjadi dua area, yaitu SEO dan PPC. Search Engine Optimization ini dilakukan dengan cara mengoptimasi konten digital marketing agar kemudian muncul di halaman pertama Google tanpa harus membayar kepada penyedia iklan.
Pay-Per-Click (PPC) sendiri bisa dibilang berbeda dengan SEO. PPC ini dilakukan dengan membayar sejumlah biaya kepada para penyedia iklan agar materi digital marketing selalu berada pada daftar teratas saat calon pelanggan mencari keyword tertentu sesuai dengan produk kamu. Hasil yang muncul dari PPC sendiri biasanya memiliki label “Ad” ataupun “Iklan”.
TV Advertising
Selain radio, salah satu media lainnya yang kemudian masih sangat populer untuk digital marketing adalah televisi. Dengan TV advertising, kamu juga dapat membeli slot untuk beriklan serta memasarkan produknya. Dengan kian populer Raja SGP Toto acara yang sedang tayang, biasanya semakin mahal juga slot iklannya. Jenis-jenis iklan yang ditampilkan ini kemudian juga akan beragam, seperti diantaranya pada iklan dengan jeda acara, iklan running text, ataupun yang ditampilkan langsung dalam acaranya (sponsor). Untuk beriklan di TV, kamu juga dapat menggunakan jasa agensi iklan. Kisaran biaya yang harus kamu keluarkan juga berbeda-beda, tergantung kepada stasiun TV yang menayangkannya, waktu penayangan, serta jenis iklan. Berdasarkan hasil riset, biaya rata-rata untuk beriklan di TV kemudian berkisar antara 14 juta rupiah – 110 juta rupiah.